mutiara

setiap orang pasti ingin mencoba apa yang ia ingin kan....maka dari itu jangan diam cobalah terus,,,

Pages

Kamis, 12 Maret 2015

pengertiang dan fungsi mikrotik

sebuahperusahaan yang bergerak di bidangproduksiperangkatkeras (hardware) danperangkatlunak (Software) yang berhubungandengansistemjaringankomputer yang berkantorpusat di Latvia, bersebelahandenganRusia. Mikrotikdidirikanpadatahun 1995 untukmengembangkan router dansistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.


Mikrotikdibuatoleh MikroTikls sebuahperusahaan di kota Riga, Latvia. Latvia adalahsebuahnegara yang merupakan “pecahan” darinegaraUni Soviet dulunyaatauRusiasekarangini. Mikrotikawalnyaditujukanuntukperusahaanjasalayanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayanipelanggannyamenggunakanteknologinirkabelatau wireless. SaatiniMikroTiklsmemberikanlayanankepadabanyak ISP nirkabeluntuklayananakses Internet dibanyaknegara di duniadanjugasangatpopuler di Indonesia. MikroTiksekarangmenyediakan hardware dan software untukkonektivitas internet di sebagianbesarnegara di seluruhdunia. Produk hardware unggulanMikrotikberupa Router, Switch, Antena, danperangkatpendukunglainnya. Sedangkanproduk Software unggulanMikrotikadalahMikroTikRouterOS.

MikroTikRouterOS

MikroTikRouterOS™ adalah sistemoperasidanperangkatlunak yang dapatdigunakanuntukmenjadikankomputermanjadi router network yang handal, mencakupberbagaifitur yang dibuatuntukip network danjaringan wireless, cocokdigunakanoleh ISP dan provider hotspot. UntukinstalasiMikrotiktidakdibutuhkanpirantilunaktambahanataukomponentambahan lain. Mikrotikdidesainuntukmudahdigunakandansangatbaikdigunakanuntukkeperluanadministrasijaringankomputersepertimerancangdanmembangunsebuahsistemjaringankomputerskalakecilhingga yang komplekssekalipun.

MikrotikRouterBoard


RouterBoardadalah router embedded produkdarimikrotik. Routerboardsepertisebuah pc mini yang terintegrasikarenadalamsatu board tertanamprosesor, ram, rom, danmemori flash. RouterboardmenggunakanosRouterOS yang berfungsisebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server danbisajugaberfungsisebagai hotspot server.

Ada beberapaserirouterboard yang jugabisaberfungsisebagaiwifi. sebagaiwifi access point, bridge, wdsataupunsebagaiwifi client. sepertiseri RB411, RB433, RB600. dansebagianbesar ISP wireless menggunakanrouterboarduntukmenjalankanfungsiwirelessnyabaiksebagaiapataupun client. DenganrouterboardAndabisamenjalankanfungsisebuah router tanpatergantungpada PC lagi. karenasemuafungsipada router sudahadadalamrouterboard. Jikadibandingkandengan pc yang diinstalrouterOS, routerboardukurannyalebihkecil, lebihkompakdanhematlistrikkarenahanyamenggunakan adaptor. untukdigunakan di jaringanwifibisadipasangdiatas tower danmenggunakanPoEsebagaisumberarusnya.

Mikrotikpadastandarperangkatkerasberbasiskan Personal Computer (PC) dikenaldengankestabilan, kualitaskontroldanfleksibilitasuntukberbagaijenispaket data danpenanganan proses ruteataulebihdikenaldenganistilah routing. Mikrotik yang dibuatsebagai router berbasiskan PC banyakbermanfaatuntuksebuah ISP yang inginmenjalankanbeberapaaplikasimulaidarihal yang paling ringanhinggatingkatlanjut. Contohaplikasi yang dapatditerapkandenganadanyaMikrotikselain routing adalahaplikasikapasitasakses (bandwidth) manajemen,firewallwireless access point (WiFi)backhaul link, sistem hotspotVirtual Private Netword (VPN)server danmasihbanyaklainnya.

Sistem Level LisensiMikrotik
Mikrotikbukanlahperangkatlunak yang gratis jikaandainginmemanfaatkannyasecarapenuh, dibutuhkanlisensidariMikroTiklsuntukdapatmenggunakanya alias berbayar. Mikrotikdikenaldenganistilah Level padalisensinya. Tersediamulaidari Level 0 kemudian 1, 3 hingga 6, untuk Level 1 adalahversi Demo Mikrotikdapatdigunakansecara gratis denganfungsi-fungsi yang sangatterbatas. Tentunyasetiap level memilkikemampuan yang berbeda-bedasesuaidenganharganya, Level 6 adalah level tertinggidenganfungsi yang paling lengkap. Secarasingkatdapatdigambarkanjelaskansebagaiberikut:
  • Level 0 (gratis); tidakmembutuhkanlisensiuntukmenggunakannyadanpenggunaanfiturhanyadibatasiselama 24 jam setelahinstalasidilakukan.
  • Level 1 (demo); pada level inikamudapatmenggunakannyasbgfungsi routing standarsajadengan 1 pengaturansertatidakmemilikilimitasiwaktuuntukmenggunakannya.
  • Level 3; sudahmencakup level 1 ditambahdengankemampuanuntukmenajemensegalaperangkatkeras yang berbasiskanKartuJaringanatau Ethernet danpengelolanperangkat wireless tipeklien.
  • Level 4; sudahmencakup level 1 dan 3 ditambahdengankemampuanuntukmengelolaperangkat wireless tipeaksespoin.
  • Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 ditambahdengankemampuanmengelolajumlahpengguna hotspot yang lebihbanyak.
  • Level 6; mencakupsemua level dantidakmemilikilimitasiapapun.







0 komentar:

Posting Komentar